Masalah dalam penelitian ini karena kurangnya daya serap terhadap materi dan praktek,minat belajar yang kurang serta keadaan sarana dan prasana tidak seimbang. Penelitianini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan desain pengembangan multimedia pembelajaranpada mata pelajaran TIK, (2) mengetahui kualitas hasil pengembangan multimediapembelajaran berdasarkan review ahli isi, ahli desain, ahli media, uji perorangan,kelompok kecil dan uji lapangan yang telah dilakukan. Penelitian ini adalah penelitianpengembangan. Model penelitian yang digunakan adalah model pengembanganPembelajaran Berbantuan Komputer (PBK) yang dikembangkan oleh Luther denganenam tahap (1) konsep, (2) desain, (3) pengumpulan bahan, (4) pembuatan, (5)pengujian, dan (6) pendistribusian. Validator melibatkan review dari ahli isi matapelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran selanjutnya dilakukan ujicoba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan pada siswa kelas XI diMadrasah Aliyah Negeri Mendoyo. Metode pengumpulan data yang digunakan adalahpencatatan dokumen dan kuesioner. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptifkuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah menghasilkan desain pengembanganmultimedia pembelajaran seperti flowchart, storyboard, penentuan kebutuhan material,dan produk multimedia pembelajaran. Kualitas multimedia pembelajaran yang telahdikembangkan adalah: (1) review ahli isi mata pelajaran menunjukkan persentase 92%kategori sangat baik, (2) review ahli desain pembelajaran menunjukkan persentase 90%kategori sangat baik, (3) review ahli media pembelajaran menunjukkan persentase 82%kategori baik, (4) uji coba perorangan menunjukkan persentase 85,33% kategori baik, (5)uji coba kelompok kecil menunjukkan persentase 87,83% kategori baik, dan (6) uji cobalapangan menunjukkan persentase 87,8% kategori baik.Kata kunci: pengembangan, multimedia pembelajaran, mata pelajaran TIK
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2013