Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar
Vol 1, No 3 (2017): Agustus 2017

Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Virtual Laboratory Simulation : Keterampilan Berpikir

Kumala, Farida Nur (Unknown)
Hartatik, Hartatik (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan model pembelajaran inkuiri berbantuan media virtual laboratory simulation dalam meningkatkan keterampilan berpikir mahasiswa pada matakuliah IPA SD. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian adalah mahasiswa kelas B2014. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen lembar observasi dan angket pelaksanaan pembelajaran. Kemampuan berpikir pada penelitian ini diukur menggunakan soal tes yang disesuaikan dengan ranah kognitif C1-C6. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran  inkuiri berbantuan media virtual laboratory simulation  terdiri dari beberapa tahapan utama yaitu orientasi masalah, pengembangan hipotesis, pengumpulan data, analisis data, pengujian hipotesis, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil data penelitian diketahui keterlaksanaan pembelajaran inkuri meningkat dari siklus I sebesar 75% menjadi 85% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran inkuri berbantuan media virtual laboratory simulation  dapat meningkatkan keterampilan berpikir mahasiswa yang ditunjukkan dengan peningkatan nilai pada siklus I 85 dan pada siklus II ditunjukkan rata-rata  92.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JISD

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar (JISD) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang pendidikan dan ...