Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 2, No 2 (2018): Juli 2018

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA KELAS 4

Astuti, Wahyu Puji (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model Problem Based Learning dan Problem Solving terhadap kemampuan kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas 4 SD. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu. Uji prasyarat menunjukan kedua kelompok homogen dan berdistribusi normal. Uji T menggunakan uji t Independent Sample Test menunjukan t hitung > t tabel yaitu 10,148 > 2,0281 dan signifikan 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukan adanya  perbedaan efektivitas yang signifikan. Selanjutnya dilakukan uji normalitas gain yang menunjukan bahwa model Problem Based Learning lebih efektif dibanding model Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kreatif. 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...