Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 1, No 3 (2017): Oktober 2017

PENGARUH METODE JOLLY PHONICS TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK KELOMPOK B TK MAHARDIKA DENPASAR

Sudiarta, I.W. (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode jolly phonics terhadap kemampuan membaca dan menulis permulaan bahasa inggris pada anak kelompok B TK Mahardika. Populasi penelitian ini adalah siswa kelompok B TK Mahardika dengan jumlah 43 orang. Sampel penelitian sebanyak 29 orang ditentukan dengan teknik random sampling. Rancangan penelitian ini adalah posttest only control group design. Data keterampilan membaca dan menulis permulaan dikumpulkan dengan lembar observasi. Analisis data menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kemampuan membaca permulaan Bahasa Inggris antara anak yang belajar menggunakan metode Jolly Phonics dengan anak yang belajar secara konvensional pada anak kelompok B TK Mahardika (F = 4,871 dengan p < 0,05), (2) terdapat perbedaan kemampuan menulis permulaan Bahasa Inggris antara anak yang belajar menggunakan metode Jolly Phonics dengan anak yang belajar secara konvensional pada anak kelompok B TK Mahardika (F= 25,780 dengan p < 0,05), (3) secara simultan terdapat perbedaan kemampuan membaca permulaan dan menulis permulaan bahasa Inggris antara anak yang belajar menggunakan metode Jolly Phonics dengan anak yang belajar secara konvensional pada anak kelompok B TK Mahardika.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...