Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 1, No 3 (2017): Oktober 2017

PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN WHOLE LANGUAGE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI DI KELAS IV SD GUGUS I KUTA UTARA

Megawati, Ni Ketut Luh (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran whole language terhadap keterampilan menulis ditinjau dari motivasi berprestasi di kelas IV SD Gugus I Kuta Utara.Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan faktorial 2 x 2.Populasi berjumlah 483 orang siswa,            dan sampel berjumlah 100 orang siswa ditarik secara random. Data motivasi berprestasi dikumpulkan dengan kuesioner dan data keterampilan menulis dikumpulkan dengan tes kinerja.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Anava dua jalur (Anava AB) dan uji t-scheffee. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa: 1) terdapat perbedaan keterampilan menulis antara siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran whole language dan siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran konvensional, 2) terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap keterampilan menulis, 3) pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi, terdapat perbedaan keterampilan menulis antara siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran whole language dansiswa yang mengikuti  pendekatan pembelajaran konvensional, 4) pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah terdapat perbedaan keterampilan menulis  antara siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran whole language dan siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran konvensional

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...