Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran terhadap motivasi berprestasi dan hasil belajar IPS. Model pembelajaran yang diterapkan adalah Model Accelerated Learning berbasis Peta Konsep. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan populasi siswa kelas V SD Kalibukbuk-Buleleng yang berjumlah 148 siswa dan sampel penelitian berjumlah 74 siswa. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi berprestasi antara siswa yang mengikuti Model Accelerated Learning berbasis Peta Konsep dengan siswa yang mengikuti Model Konvensional pada siswa kelas V di SD Kalibukbuk (F = 7,345; p < 0,05), (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi berprestasi dalam pembelajaran IPS antara siswa yang mengikuti Model Accelerated Learning berbasis Peta Konsep dengan siswa yang mengikuti Model Pembelajaran Konvensional pada siswa kelas V di SD Kalibukbuk (F = 17,580; p < 0,05), dan (3) Secara simultan motivasi berprestasi dan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti Model Pembelajaran Accelerated Learning berbasis Peta Konsep secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti Model Pembelajaran Konvensional (F = 12.006; p < 0,05).
Copyrights © 2018