Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 2, No 1 (2018): MARET 2018

MOTIVASI BERPRESTASI DAN HASIL BELAJAR IPS DALAM PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING BERBASIS PETA KONSEP

Suardipa, I.P. (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 May 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran terhadap motivasi berprestasi dan hasil belajar IPS. Model pembelajaran yang diterapkan adalah Model Accelerated Learning berbasis Peta Konsep. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan populasi siswa kelas V SD Kalibukbuk-Buleleng yang berjumlah 148 siswa dan sampel penelitian berjumlah 74 siswa. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi berprestasi antara siswa yang mengikuti Model Accelerated Learning berbasis Peta Konsep dengan siswa yang mengikuti Model Konvensional pada siswa kelas V di SD Kalibukbuk (F = 7,345; p < 0,05), (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi berprestasi dalam pembelajaran IPS antara siswa yang mengikuti Model Accelerated Learning berbasis Peta Konsep dengan siswa yang mengikuti Model Pembelajaran Konvensional pada siswa kelas V di SD Kalibukbuk (F = 17,580; p < 0,05), dan (3) Secara simultan motivasi berprestasi dan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti Model Pembelajaran Accelerated Learning berbasis Peta Konsep secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti Model Pembelajaran Konvensional (F = 12.006; p < 0,05).

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...