Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbantuan media permainan ular tangga terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD gugus VIII Mengwi, Badung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan kelompok Non-ekuivalen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Gugus VIII Mengwi, Badung yang berjumlah 243 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 60 siswa yang ditentukan menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t dengan rumus polled varians. Hasil penelitian berdasarkan analisis data, diperoleh harga thitung = 4,10> ttabel = 2,000 dengan taraf signifikan 5% dan dk = 58, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada kelas IV SD Gugus VIII Mengwi, Badung. Nilai rata-rata juga menunjukkan bahwa hasil belajar matematika yang diperoleh siswa kelompok eskperimen = 79,35 > = 72,85 siswa kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbantuan media permainan ular tangga terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD gugus VIII Mengwi, Badung.
Copyrights © 2018