Bahasa Arab dan Huruf Hijaiyah merupakan unsur penting dalam pendidikan agama Islam. Penguasaan keduanya juga turut menentukan keberlangsungan pembelajaran Agama Islam baik di lingkungan pendidikan maupun di masyarakat. Oleh karena itu, penguasaan terhadap Bacaan tulisan Arab sangat penting untuk dikuasai siswa Muslim. Salah satu unsur bacaan yang seringkali problematis adalah bacaan alif lam baik yang bersifat Syamsiah maupun yang qomariah. Siswa sering kesulitan mengidentifikasi kedua jenis tersebut dan juga sering menemui kesulitan ketika melafazkan bacaannya. Oleh karena itu diperlukan metode yang tepat agar siswa semakin menguasai alif lam syamsiyah dan qomariah. Metode yang diajukan dalam penelitian ini adalah metode drill atau latihan. Drill adalah suatu cara mengajar dengan memberikan latihan-latihan terhadap apa yang telah dipelajari siswa sehingga memperoleh suatu keterampilan tertentu. Cara tersebut diprkatikkan dalam penelitian ini dan memberikan hasil yang signifikan. melalui dua kali siklus tindakan, penelitian tindakan kelas ini membuktikan bahwa teknik drill dapat membantu siswa lebih menguasai bacaan alif laam syamsiah dan qomariah. Kata Kunci: Agama Islam, Bacaan, Alif lam, Syamsiah, Qomariah, Drill
Copyrights © 2016