Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M)
Vol. 1 No. 2, Nopember 2018

Penerapan teori belajar Van Hiele pada materi segiempat untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VII SMP

Magrib, Magrib (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2018

Abstract

Penelitian menerapkan teori belajar Van Hiele pada materi segiempat untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa dilaksanakan dalam tiga siklus. Data prestasi belajar siswa diperoleh melalui evaluasi belajar, data aktivitas belajar siswa diperoleh melalui lembar observasi aktivitas belajar siswa dan data aktivitas guru diperoleh melalui lembar observasi aktivitas guru. Hasil penelitian siklus I meliputi skor aktivitas belajar siswa rata-rata sebesar 7,33 yang berkategori kurang aktif dan hasil evaluasi siswa dengan nilai rata-rata sebesar 73,3 dengan ketuntasan belajar sebesar 77%. Sedangkan hasil penelitian siklus II meliputi skor aktivitas belajar siswa rata-rata sebesar 10,67 yang berkategori aktif dan hasil evaluasi siswa dengan nilai rata-rata sebesar 63,8 dengan ketuntasan belajar sebesar 60,4%. Kemudian hasil penelitian siklus III meliputi skor aktivitas belajar siswa rata-rata sebesar 13,33 yang berkategori aktif dan hasil evaluasi siswa dengan nilai rata-rata sebesar 76,9 dengan ketuntasan belajar sebesar 79,2%. Berdasarkan hasil penelitian serta ketercapaian indikator kerja dapat disimpulkan bahwa penerapan teori belajar Van Hiele pada materi segiempat dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VII SMP.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jp3m

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M) adalah salah satu jurnal yang dikelola oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Rekarta Mataram. JP3M terbit dua kali setahun yakni bulan Mei dan Nopember dengan ISSN 2622-8246 (Cetak) dan ISSN 2622-7673 (Online). Adapun cakupan publikasi ...