Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui penyebab media pembelajaran tematik yang belum terdesain dengan tepat d kelas III SD Kab Ngada, (2) mendesain media pembelajaran tematik berbasis mind mapping yang dapat di terapkan di kelas III SD Kab Ngada, (3) mengetahui tanggapan guru terhadap media pembelajaran tematik berbasis mind mapping yang diterapkan di kelas III SD Kab Ngada. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model ADDIE. Metode ini memiliki lima tahap yaitu: 1) Tahap Analisis (Analysis), 2) Tahap Desain (Design), 3) Tahap pengembangan (development), 4) Implementasi (Implementation) 5) Tahap evaluasi. Data yang telah dikumpulkan akan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) media pembelajaran tematik berbasis mind maping belum tersusun dikarenakan masih minimnya pemahaman guru SD tentang pembuatan media mind maping di kabupaten Ngada. 2) Hasil pengembangan media dari uji pakar menunjukkan kategori baik dengan skor 54, sedangan respon guru memberikan skor 58 pada kategori baik terhadap media yang telah dikembangkan. Dengan demikian media pembelajaran tematik berbasis mind maping dapat digunakan guna pelaksanaan pembelajaran di SD kabupaten Ngada.
Copyrights © 2016