Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PAKEM penjas terhadap tingkat kebugaran jasmani siswa SD Inpres BTN IKIP II Makassar. Penelitian dilaksanakan di SD Inpres BTN IKIP II Makassar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental, dan menggunakan randomized group pretest posttest design. Variabel bebas yaitu model pembelajaran PAKEM penjas dan model pembelajaran konvensional penjas, selanjutnya variabel terikat adalah kebugaran jasmani siswa. Sampel berjumlah 48 orang yang terdiri dari 2 (dua) kelompok atau kelas, kelompok/kelas A 24 siswa dan kelompok/kelas B 24 siswa. Penelitian dilaksanakan selama 12 kali pertemuan. Data penelitian dikumpulkan dengan tes kebugaran jasmani dengan menggunakan tes TKJI. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. pada taraf nyata α = 0,05.Hasil penelitian menunjukkan: 1) Model pembelajaran PAKEM penjasorkes memberikan pengaruh yang signifikan terhadap tingkat kebugaran jasmani siswa, ( to = 11,73> t tabel 0,05 = 2,07). 2) Model pembelajaran konvensional penjasorkes tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap tingkat kebugaran jasmani siswa,(to = 1,94 < t tabel 0,05 = 2,07). 3) Model pembelajaran PAKEM penjasorkes dan model pembelajaran konvensional penjasorkes memberikan perbedaan pengaruh yang signifikan terhadap tingkat kebugaran jasmani siswa,(to= 2,89> t tabel 0,05 = 1,68).
Copyrights © 2016