CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro
Vol 2, No 2 (2018): Edisi Agustus 2018

Peningkatan hasil belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Elektronika Dasar Dalam Materi Hukum Ohm dengan Menggunakan Metode Demonstrasi di Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Banda Aceh

Zuyadi, Zuyadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2018

Abstract

Penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran produktif sangat berpengaruh terhadap tingkat keberhasilan belajar siswa di SMK. Hasil observasi menunjukkan bahwa banyak hasil belajar siswa SMK berada di bawah rata-rata. Ini disebabkan oleh guru yang kurang menerapkan metode demontrasi dalam pelajaran, sehingga bepengaruh dengan kemampuan hasil belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Banda Aceh dengan diterapkan metode demonstrasi pada mata pelajaran Elektronika Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode pre-experiment design: one-group pretes posttes design. Data dikumpulkan melalui pretes, postes dan angket. Kemudian data tersebut diolah dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian dikemukakan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Banda Aceh antara sesudah dan sebelum diterapkan metode demonstrasi. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa yang dicapai pada pretes < postes (74,5 < 80,5). Setelah diolah menggunakan rumus uji-t diperoleh thitung = 1,96. Sedangkan ttabel diperoleh dengan menggunakan dk=n-1, dk=10-1=9 pada taraf signifikan 5%, yaitu 0,251. Sesuai dengan hipotesa awal penelitian ini bahwa, jika thitung > ttabel (1,96 > 0,521), maka Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Banda Aceh.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

circuit

Publisher

Subject

Education Electrical & Electronics Engineering Other

Description

Journal Circuit is an Electrical Engineering Education Scientific journal which published by the Electrical Engineering Education Department, Faculty of Teaching and Training, Ar-Raniry State Islamic University, Banda Aceh. The Circuit Journal publishes empirical and theoretical contributions in the ...