Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik
Vol 3, No 4 (2018): November 2018

Strategi Public Relation Dalam Promosi Wisata Islami (Studi Deskriptif Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh)

Bayu Ananda (Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Syiah Kuala)
Alamsyah Taher (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2018

Abstract

Penelitian ini berjudul  “Srategi Public Relation Dalam Promosi Wisata Islami (Studi Deskriptif Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata kota Banda Aceh dalam upaya mempromosikan wisata Islami di kota Banda Aceh. Teori yang digunakan yaitu teori perencanaan. Teori ini menjelaskan mengenai Perilaku komunikasi yang dilakukan, memerlukan tindak  perenacanaan yang di harapkan dapat respon atau feedback dari target komunikasi sehingga sesuai seperti yang diinginkan pembawa pesan. Teori ini dikemukan olehCharlesBerger yang beranggapan rencana tersebut ialah gambaran mental dari langkah-langkah yang dipilih oleh individu untuk mencapai tujuan yang diinginkannya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Dalam menentukan informan penelitian ini mengunakan teknik Purposive Sampling, yaitu menentukan kriteria untuk menemukan informan. Kriteria tesebut harus sesuai dengan topik penelitian sehigga informan tersebut kredibel untuk menjawab permasalahan mengenai strategi dalam mempromosikan wisata Islami Kota Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan dengan cara Observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Dari penelitian ini maka diperoleh hasil strategi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata kota Banda Aceh memiliki berbagai cara untuk mempromosikan wisata-wisata Islami kota Banda Aceh salah satunya dengan melahirkan Duta  Pariwisata, memplublikasi dengan media massa, dan juga berkerjasama dengan pihak Agent Treveler untuk mempromosikan wisata Islami kota Banda Aceh.Strategy Public Relation In The Promotion of Islamic Tourism (Descriptive Study of Tourism Department of Banda Aceh City)This research entitled "Strategy Public Relation In The Promotion of Islamic Tourism (Descriptive Study of Tourism Department of Banda Aceh City)". This study aims to determine the strategy undertaken by the City of Banda Aceh Tourism Office in an effort to promote Islamic tourism in the city of Banda Aceh. The theory used is planning theory. This theory explains the Behavior of communication is done, requiring planning action in the expected response or feedback from the target communication so that appropriate as desired messenger. This theory was discovered by Charles Berger who thought the plan is a mental picture of the steps chosen by the individual to achieve the desired goal. This research is done by using qualitative approach method with descriptive type. In determining the informant of this research using Purposive Sampling technique, that is determining criteria to find informant. The criteria must be in accordance with the research topic so that the informant is credible to answer the problem of strategy in promoting Islamic tourism of Banda Aceh City. Data collection is done by observation, in-depth interview, and documentation. From this research, the result of strategy done by Tourism Department of Banda Aceh city has various ways to promote Islamic tourism city of Banda Aceh one of them by giving birth Tourism Ambassador, publish with mass media, and also cooperate with Agent Treveler to promote Islamic tourism the city of Banda Aceh.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

FISIP

Publisher

Subject

Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

JIMFISIP menerbitkan artikel ilmiah mahasiswa dari delapan Program Studi, yaitu Prodi Sosiologi, Prodi Ilmu Komunikasi, Prodi Ilmu Politik dan Prodi Ilmu Pemerintahan. JIMFP terbit satu volume dan empat nomor dalam setahun, yaitu bulan Februari, Mei, Agustus dan ...