Semakin pesat perkembangan teknologi, maka tingkat kebutuhan akan sumber daya manusia terhadap potensi yang ada di lingkungan tempat tinggalnya menjadi semakin tinggi. Terkait dengan pembelajaran di sekolah, untuk mencapai hal tersebut maka harus dilakukan suatu inovasi dalam proses pembelajaran. Salah satunya yaitu dengan cara menginovasi perangkat-perangkat pembelajaran untuk menumbuh kembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Untuk memunculkan kemampuan berpikir kreatif siswa, harus ada permasalahan yang harus di pecahkan siswa didalam kelas. Perangkat pembelajaran yang mampu memunculkan kemampuan berpikir kreatif siswa adalah perangkat pembelajaran yang didalamnya menghadirkan suatu permasalahan yang harus dipecahkan oleh siswa melalui penalaran dan pemikiran.Peran Perguruan Tinggi melalui Tridharma Perguruan Tinggi adalah melaksanakan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Pengabdian kepada Masyarakat melalui metode penyuluhan, presentasi, demonstrasi dan metode praktek/latihan dalam Pembelajaran Inovatif dan Interaktif Dalam Pembelajaran IPA di SMP St. Andreas Jakarta Barat. Subjek pengabdian kepada masyarakat ini adalah seluruh Guru IPA di SMP St. Andreas Jakarta Barat. Hasil kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah adanya implementasi pembelajaran Inovatif dan Interaktif dalam pembelajaran di dalam kelas, dengan mengamati kegiatan siswa dan guru dalam proses pembelajaran, didapatkan skor tertinggi dari aktivitas siswa adalah 100% dan aktivitas Guru tertinggi adalah 96%, sehingga siswa memperoleh pembelajaran yang kontekstual dan dapat mengasah rasa ingin tahu dan ketertarikan siswa dalam pembelajaran.Kata Kunci: Pembelajaran, Pembelajaran Inovatif &  Interaktif, IPAINNOVATIVE AND INTERACTIVE IN SCIENCE LEARNING ABSTRACTThe more rapid technological development, the level of the need for human resources to the potential that exists in the environment where he lived becomes higher. Associated with learning in school, to achieve this it must be done an innovation in the learning process. One of them is by way of innovating learning devices to cultivate the creative thinking ability of students. To bring up the creative thinking ability of students, there must be a problem that must be solved by students in the classroom. Learning tool that is able to create students creative thinking ability is a learning tool which in it presents a problem that must be solved by the students through reasoning and thinking. The role of Higher Education through the Tridharma of Higher Education is to carry out Education, Research and Community Service. Devotion to the Community through extension methods, presentations, demonstrations and practice / training methods in Innovative and Interactive Learning in Science Lessons at SMP St. Andreas West Jakarta. The subject of community service is the entire Science Teacher at SMP St. Andreas West Jakarta. The result of this Community Service activity is the implementation of Innovative and Interactive learning in learning in the classroom, by observing the student and teacher activity in the learning process, the highest score of student activity is 100% and the highest Teacher activity is 96%, so the students get the learning which is contextual and can hone the students curiosity and interest in learning.
Copyrights © 2018