AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi 
Vol 1, No 1 (2016): Ampibi 1

PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI PADA SUB MATERI HEWAN VERTEBRATA DALAM MENINGKATKAN 1 HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DI SMA NEGERI 5 KENDARI

Apriyanti Bangun (FKIP Jurusan Pendidikan Biologi)
Hittah Wahi Sudrajat (Unknown)
Parakkasi Parakkasi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2016

Abstract

Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Animasi pada Sub Materi Hewan Vertebrata dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Proses Sains Siswa di SMA Negeri 5 Kendari. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa menggunakan media pembelajaran berbasis animasi dan tanpa media pembelajaran berbasis animasi (2) Untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa menggunakan media pembelajaran berbasis animasi dan tanpa media pembelajaran berbasis animasi. Jenis penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dengan rancangan posttest only control grup design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X MIPA SMAN 5 Kendari yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X MIPA1 sebagai kelas eksperimen yang diajar menggunakan media pembelajaran berbasis animasi dan kelas X MIPA2 sebagai kelas kontrol yang diajar tanpa menggunakan media pembelajaran berbasis animasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas yang diajar menggunakan media pembelajaran berbasis animasi memiliki rata-rata hasil belajar kognitif sebesar 59.53 ± 10.21, sedangkan yang diajar tanpa menggunakan media pembelajaran berbasis animasi memperoleh rata-rata sebesar 54.32 ± 12.28. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan tingkat signifikan 95% didapatkan nilai Sig. (2-tailed) = 0,046. Karena Sig. (2-tailed) ≤ α (0,05) hal ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran berbasis animasi terhadap hasil belajar kognitif siswa. Pada aspek keterampilan proses sains rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 84,5 sedangkan pada kelas kontrol memiliki rata-rata sebesar 80,5. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata keterampilan proses sains pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Dengan demikian hipotesis yang diajukan sebelumnya diterima, yaitu media pembelajaran berbasis animasi dapat meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains siswa pada sub materi hewan vertebrata di SMA Negeri 5 Kendari.Kata Kunci : media pembelajaran, animasi

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

ampibi

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology

Description

AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi merupakan jurnal yang memuat tulisan berdasarkan hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian, dan penerapan teori dalam bidang pendidikan biologi seperti model/metode Pembelajaran Biologi, Strategi Pembelajaran Biologi, Pembelajaran Biologi Media dan TIK ...