Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ
Vol 2 No 1 (2015): Januari

KONSEP VEKTOR DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN SPIRITUAL DI DALAMNYA (TELAAH BUKU: “ANALISIS VEKTOR” KAJIAN TEORI PENDEKATAN AL-QUR’AN KARYA ARI KUSUMASTUTI)

Jumini, Sri (Unknown)
Wahyudi, Wahyudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendidikan spiritual sebagai metode pendidikan akhlaq (Karakter) bagi siswa pada konsep vektor dengan pendekatan Al-Qur’an. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode library research. Pengumpulan dan menelaah buku-buku kepustakaan yang ada relevansinya dengan judul yang penulis bahas. Kemudian untuk memperoleh hasil penelitian yang maksimal, penulis menganalisis data-data yang berkaitan dengan Kecerdasan Spiritual dan Pendidikan Spiritual dengan menggunakan metode Induktif dan metode Deduktif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1. Implementasi pendidikan spiritual sebagai metode pendidikan akhlaq bagi peserta didik adalah dengan memasukkan nilai-nilai spiritual dalam pelajaran maupun di luar pelajaran. 2. Konsep vektor menurut Ari Kusumastuti dengan pendekatan Al-Qur’an, Vektor merupakan suatu besaran yang mempunyai arah yang dianalogikan seperti manusia dimana manusia harus mempunya tujuan dalam hidup, tujuan hidup manusia adalah mencari mardhatilah (Ridlo Allah SWT) Dan diharapkan jangan seperti skalar yang hanya mempunyai besaran saja tidak memiliki arah (tujuan hidup). 3. Nilai-nilai pendidikan spiritual pada pokok bahasan definisi vektor, peserta didik mempunyai karakter sebagai berikut; 1) Bijaksana (wisdom); 2) Kejujuran (integrity); 3) Semangat, Kerja keras (Energik); 4) Kuat (Spirit); 5) Ikhlas. Dan nilai-nilai pendidikan spiritual yang berada pada konsep medan vektor dan medan skalar adalah 1) Mengakui adanya Allah SWT sebagai satu-satunya Pencipta dengan ikhlas; 2) Semangat (Energik); 3) Spirit. Sedangkan nilai-nilai pendidikan spiritual pada konsep differensial vektor adalah 1) Bertindak selalu mendekatkan diri pada Sang Kholiq (Allah SWT), 2) Makhluk selamanya akan menjadi makhluk tidak mungkin makhluk menjadi Kholiq; 3) memotivasi peserta didik untuk selalu mencari Ilmu Allah yang tak ada batasnya itu; 4) Banyak ide (Inspiration).

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

ppkm

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UNSIQ (Jurnal PPKM) merupakan media komunikasi dan desiminasi hasil-hasil penelitian, pengabdian, studi kasus dan ulasan ilmiah (terapan) bagi ilmuwan dan praktisi di bidang sains dan teknologi. Jurnal ini terbit pertama kali pada tahun 2014 dan ...