Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Model Pembelajaran Permainan Cublak-Cublak Suweng untuk Pengembangan Kecakapan Sosial Anak Kelompok B di Kecamatan Ngaliyan Semarang, Mengetahui Pelaksanaan Model Pembelajaran Permainan Cublak-Cublak Suweng yang dapat Mengembangan Kecakapan Sosial Anak Kelompok B di Kecamatan Ngaliyan Semarang, Mengetahui efektifitas Model pembelajaran Permainan Cublak-Cublak Suweng untuk Pengembangan Kecakapan Sosial Anak Kelompok B di Kecamatan Ngaliyan Semarang.Jenis penelitian adalah Penelitian Pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian adalah anak kelompok B di kecamatan ngaliyan . Metode pengumpulan data penelitian menggunakan: ObservasiHasil penelitian menunjukkan: (1) Model pembelajaran permainan cublak-cublak suweng ini diantarkan dengan adanya cerita dengan bantuan poster,menyanyi bersama,tanya jawab, menebak letak suweng. (2) Pelaksanaan Model Pembelajaran Permainan Cublak-Cublak Suweng yang dapat Mengembangan Kecakapan Sosial Anak Kelompok B di Kec.Ngaliyan dilakukan sebanyak dua kali pertemuan, setiap pertemuan ada empat macam kegiatan yang dilakukan sesuai dengan RKH, hasil rata-rata skor indikataor kecakapan sosial anak mengalami peningkatan hal ini dapat dilihat dari hasil pretest dan postest. menunjukan bahwa rata-rata sikap toleran 2,51(kurang baik) menjadi 2,87 (baik), sikap gigih skor rata-rata diperoleh 2,49(kurang baik) menjadi 2,95(baik), kerjasama skor rata-rata diperoleh 2,55(baik) menjadi 2,85(baik), interaksi dan komunikasi diperoleh skor rata-rata 2,64(baik) menjadi 2,91(baik) (3) Keefektifan model pembelajaran kecakapan sosial anak menggunakan permainan cublak-cublak suweng berbantuan poster pada anak kelompok B di kecamatan ngaliyan efektif. Keefektifan ini ditujukkan dengan nilai signifikansi lebih besar dari 0,05. Hal ini didukung oleh hasil perhitungan t tes Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran dengan menggunakan permainan cublakcublak suweng efektif untuk menggembangkan kecakapan sosial anak B di kecamatan ngaliyan, model pembelajaran berupa permainan cublak-cublak suweng bantuan poster, tanya jawab, bercerita, dan menebak. Disarankan perlu dilakukan penelitian lebih lanjut di Taman Kanakkanak yang kecakapan sosialnya belum berkembang.
Copyrights © 2015