Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ
Vol 3 No 2 (2016): Mei

PENGGUNAAN MODUL BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KARAKTER MANDIRI SISWA

Sarah, Siti (Unknown)
Ngaisah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) adakah perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan modul berbasis inkuiri dan siswa yang menggunakan modul konvensional, (2) adakah perbedaan karakter mandiri antara siswa berkemampuan tinggi dan siswa berkemampuan rendah terhadap hasil belajar siswa yang belajar menggunakan modul berbasis inkuiri. Penelitian eksperimen ini menggunakan desain factorial. Populasi penelitian adalah siswa MAN Wonosobo Kelas X tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 276 siswa yang terbagi dalam 8 kelas. Melalui teknik cluster random sampling, terpilih kelas XE (34 siswa) dan kelas XD (37 siswa) masing-masing sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan teknik dokumentasi, tes dan kuesioner. Data dianalisis menggunakan uji-t dan ANOVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar mengunakan modul berbasis inkuiri dan siswa yang belajar menggunakan modul konvensional. Uji gain menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa yang belajar menggunakan modul berbasis inkuiri (64%) lebih besar dibanding siswa yang belajar menggunakan modul konvensional (56%); (2) ada perbedaan pengaruh karakter mandiri siswa dengan kategori kemampuan tinggi dan rendah terhadap hasil belajar siswa yang belajar menggunakan modul berbais inkuiri.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

ppkm

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UNSIQ (Jurnal PPKM) merupakan media komunikasi dan desiminasi hasil-hasil penelitian, pengabdian, studi kasus dan ulasan ilmiah (terapan) bagi ilmuwan dan praktisi di bidang sains dan teknologi. Jurnal ini terbit pertama kali pada tahun 2014 dan ...