Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ
Vol 5 No 1 (2018): Januari

STRATEGI INOVASI PRODUK OLAHAN DAN MANAJEMEN PEMASARAN GUNA MENINGKATKAN DAYA JUAL LELE (UKM PETERNAK LELE DI DESA KALIBEBER, MOJOTENGAH, WONOSOBO)

Prawoto, Eko (Unknown)
Susilawati, Herlina (Unknown)
Faqih, Nasyiin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2018

Abstract

Kelompok UKM Peternak Lele ANEKA dan Kelompok UKM Peternak Lele BERDIKARI adalah dua Mitra usaha menghadapi permasalahan hampir sama yaitu harga jual lele segar/basah relatif rendah dan kurang sebanding dengan biaya yang dikeluarkan mulai dari pembelian bibit, pembelian pakan, pemeliharaa dan tenaga kerja. Permasalahan mereka semakin sulit disaat panen raya harga lele per/kg mempunyai kecenderungan dibawah harga standar (dibawah harga pasar) sehingga keuntungan yang didapat kecil. Tujuan kegiatan pengabdian ini untuk mengatasi permasalahan mitra (1) dan mitra (2) yaitu belum adanya motivasi dan semangat berwirausaha memproduksi berbagai olahan lele, kurangnya kreativitas dan inovasi untuk mengolah pasca panen serta memproduksi olahan, kurangnya modal investasi usaha mikro (kecil/rumah tangga), belum mempunyai relasi pemasaran produk dan pangsa pasar yang layak dan minimnya pengetahuan manajemen pemasaran usaha lele. Pelaksanaan program diawali Tim IbM melakukan sosialisasi dengan Mitra, menyiapkan alat dan kebutuhan bahan kemudian diadakan penyuluhan di tempat pertemuan kelompok mitra. Setelah memahami secara teori maka dilaksakan praktek nyata membuat olahan lele, pengemasan dan managemen pemasaran. Target luaran yang dihasilkan diproduksinya 3 jenis olahan lele (krupuk lele, nugget lele dan abon lele. Hasil pengabdian masyarakat, mitra mampu memproduksi 3 jenis olahan lele (abon lele, krupuk lele, nugget lele), kemasan olahan dengan bahan plastik, terjalinnya kerjasama dengan beberapa toko oleh-oleh/konsumen di Kecamatan Mojotengah, Kabupaten Wonosobo dan sekitarnya, terbentuknya jiwa wirausaha bagi anggota kelompok peternak lele dan meningkatnya ketrampilan, kemampuan serta inovasi kreativitas anggota kelompok peternak lele. Selain itu telah terjalin pemasaran secara online dan branding sehingga kemasan olahan kering, seperti abon, kerupuk dan nugget menarik konsumen.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ppkm

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UNSIQ (Jurnal PPKM) merupakan media komunikasi dan desiminasi hasil-hasil penelitian, pengabdian, studi kasus dan ulasan ilmiah (terapan) bagi ilmuwan dan praktisi di bidang sains dan teknologi. Jurnal ini terbit pertama kali pada tahun 2014 dan ...