Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran sejarah materi kehidupan awal masyarakat di indonesia di kelas X.1 SMAN 1 lawa tahun pelajaran 2015/2016, 2). untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pada mata pelajaran sejarah materi kehidupan awal masyarakat di indonesia di kelas X.1 SMAN 1 lawa tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), di mana guru yang bertindak sebagai peneliti ,juga mengajar di kelas X-1 yang memberi tindakan dibantu oleh seorang teman sejawat yang bertindak sebagai kolaborator atau observer yang bertugas mengamati ativitas siswa dan guru selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X.1 semester 2 tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Adapun aktivitas proses pembelajaran siswa pada siklus I adalah 73,93 %, dan siklus 2 meningkat menjadi 88,93 % sedangkan dari segi hasil belajar siswa ketuntasan secara klasikal pada siklus 1 adalah 66,67 % , dengan nilai rata-rata 76 . Dan siklus 2 ketuntasan secara klasikal adalah 87,5 % dengan nilai rata-rata 78,10. Dengan demikian pembelajaran yang berlangsung pada siklus II ini sudah dianggap berhasil karena sudah mencapai indikator. Kata kunci: Model PBL, Aktivitas Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa
Copyrights © 2018