Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dalam menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai prestasi belajar, melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa yang dapatmeningkatkan kinerja guru. Peningkatan kinerja ini melalui supervisi edukatif kolaboratif secara periodik. Berdasarkan hasil supervisi edukatif siklus I dan siklus II kinerja guru meningkat, yakni siklus I Kinerja guru dalam menyusun rencana pembelajaran siklus I mencapai 68,98%sedangkan siklus II 94,91%. Kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran siklus I mencapai 64,77% sedangkan siklus II mencapai 89,77%. Kinerja guru dalam menilai prestasi belajar siklus I mencapai 66,67% sedangkan siklus II 88,89%. Kinerja guru dalam melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa pada siklus I mencapai 60,00% sedangkan siklus II 86,67%. Dengan demikian tindakan siklus II rata-rata sudah di atas 75%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kinerja guru meningkat dalam menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai prestasi belajar, melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa. Kata kunci: Kinerja Guru, Supervisi Edukatif Kolaboratif
Copyrights © 2018