Gema Pendidikan
Vol 25, No 2 (2018): JURNAL GEMA PENDIDIKAN FKIP UHO VOLUME 25 NO.2 JULI 2018

MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI MEDIA GAMBAR SERI DI KELOMPOK B TK WONUA MORINI KECAMATAN ABELI KOTA KENDARI

Bambang Sugianto (Universitas Halu Oleo)
Hartina Hartina (Universitas Halu Oleo (Student))



Article Info

Publish Date
01 Jul 2018

Abstract

Abstrak.  Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak di kelompok B TK Wonua Morini Kecamatan Abeli Kota Kendari yang berjumlah 20 orang anak yang terdiri dari 10 orang anak laki-laki dan 10 orang anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tahap-tahap penelitian ini mengikuti prosedur Penelitian Tindakan Kelas, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan atau observasi dan (4) refleksi. Berdasarkan hasil tentang kemampuan  kognitif anak melalui media gambar seri menunjukkan bahwa terdapat peningkatan, dimana pada siklus I diperoleh presentase  sebesar 70% atau 14 orang anak dari 20 orang anak, dimana ada 6 anak atau 30% yang berada pada kategori berkembang sangat baik (BSB), 8 anak atau 40% yang berada pada kategori berkembang sesuai harapan (BSH), 4 orang anak atau 20% yang berada pada kategori mulai berkembang (MB) dan 2 orang anak 10% yang berada pada kategori belum berkembang (BB). Pada siklus II diperoleh presentase sebesar 90% atau 18 orang anak dari 20 orang anak dimana 13 orang anak atau 65% yang berada pada kategori berkembang sangat baik (BSB), 5 orang anak atau 25% yang berada pada kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dan 2 orang anak atau 10% yang berada pada kategori mulai berkembang (MB). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif anak di kelompk B TK Wonua Morini Kecamatan Abeli Kota Kendari dapat ditingkatkan melalui media gambar seri.Kata kunci: kemampuan kognitif, gambar seri

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

GP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Gema Pendidikan is one of the publications of research results in the field of Education. Research studies in this journal cover all topics related to Education. The targets in the publication of this journal are Lecturers, Teachers, and Researchers in the field of Education. ...