Motivasi belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Nurul Iman Palembang masih rendah sehingga kemauan untuk belajar kurang sehingga hasil belajar rendah. Dengan menerapkan metode pembelajaran STAD siswa dituntut lebih aktif dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, oleh sebab itu peneliti tertarik mengadakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang ditempuh dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Nurul Iman Palembang yang berjumlah 32 siswa. Instrumen untuk mengetahui motivasi belajar siswa dan respon siswa berupa angket, untuk mengetahui aktivitas guru dan murid instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 67%, siklus II sebesar 86,5% dan hasil belajar siswa, yang pada setiap siklusnya meningkat sebesar 96,25%. Selain itu aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran telah sangat baik, sedangkan aktivitas siswa semakin baik. Dan hasil respon siswa terhadap pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa juga mendapat respon positif. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018