Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching
Vol 7, No 2 (2018)

Desain Pembelajaran Daring di SMK Ilman Nafi'ah Cirebon Sebagai Upaya untuk Mempersiapkan Siswa Menghadapi Ujian Berbasis Komputer

Sirojudin Wahid (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)
Arif Muchyidin (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)
Rais Supriyanto (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)
Wida Wahdatul Fuadah (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar dan soal tes berbasis online yang valid dan efektif. Selanjutnya akan digunakan untuk mempersiapkan Siswa menghadapi Ujian berbasis Komputer. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Dick & Carey. Data penelitian diperoleh melalui lembar validasi perangkat pembelajaran oleh ahli, lembar keterlaksanaan pembelajaran, angket kesiapan siswa, dan tes prestasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika valid dan efektif dalam mempersiapkan siswa dalam menghadapi ujian berbasis komputer dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Skor penilaian bahan ajar dan tes prestasi belajar oleh ahli pertama sebesar 107, 84 dan skor penilaian oleh ahli kedua sebesar 108, 84 dengan kategori baik untuk masing-masing bahan ajar. Rata-rata skor kesiapan siswa sebesar 83,3 dengan kategori baik. Rata-rata nilai tes restasi belajar siswa kelas sebesar 75,5 dan 75 dengan kategori baik. dan 81% siswa memenuhi nilai KKM.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

eduma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

EDUMA scientific journal is a publication containing the results of research, development, studies and ideas in the field of Mathematics Education. Firstly published in 2009 and has been listed on PDII LIPI on May 10, 2012. Based on decree number 21/E/KPT/2018, EDUMA was has been accredited by ...