Sekolah menengah kejuruan (SMK) merupakan lembaga pendidikan yang diharapkan mampu mempersiapkan sumber daya manusia (SDM), yang dapat langsung terserap oleh dunia kerja. Situasi saat ini mengharuskan calon tenaga kerja mampu bersaing agar memperoleh kesempatan kerja. Untuk memenuhi harapan tersebut hendaknya siswa SMK memiliki kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang disebut kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Kemampuan-kemampuan tersebut dibutuhkan dalam pemecahan masalah di dunia kerja. Melalui makalah ini akan dibahas tentang bagaimana mengembangkan HOTS pada siswa SMK melalui pembelajaran matematika. Pembahasan diawali dengan analisis permasalahan yang terjadi terkait pembelajaran di SMK secara umum, pembelajaran matematika SMK, analisis teori dan hasil penelitian terdahulu. Metode yang digunakan dalam pengkajian ini adalah metode survey, study literature dan metodeĀ  deskriptif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018