LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA
Vol 8, No 2 (2018): November 2018

PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS V A SDN 007 TARAKAN

Dewi, Elza Minawati (Unknown)
Annisa, Muhsinah (Unknown)
Kunadi, Dedi (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran kelas V pada materi benda dan sifatnya di SDN 007 Tarakan dan menghasilkan modul yang layak untuk digunakan. Penelitian ini menggunakan metode research and development. Model penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel yaitu model 4-D. Model 4-D yang dilakukan dalam penelitian ini dibatasi sampai 3 tahapan: Pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul termasuk dalam kategori layak dari aspek isi dengan nilai rata-rata 91,18 kategori sangat baik, aspek penyajian dengan nilai rata-rata 90,62 kategori sangat baik, aspek kegrafisan dengan nilai rata-rata 94,91 kategori sangat baik, aspek bahasa dengan nilai rata-rata 94,66 kategori sangat baik. Respon siswa mendapatkan nilai rata-rata 93,74 dengan kategori sangat baik dan hasil keterbacaan modul rata-rata skor memperoleh 94,80% dengan kategori mudah. Modul dapat mengembangkan karakter siswa khususnya karakter rasa ingin tahu, jujur,serta kreatif dengan nilai rata-rata 89,58 dengan kategori sangat baik.

Copyrights © 2018