Curricula : Journal of Teaching and Learning
Vol 2, No 2 (2017)

PENGARUH MEDIA REALIA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XB2 SMK NEGERI 3 SUNGAI PENUH

arlianti, nofyta ( STKIP MUHAMMADIYAH Sungai Penuh)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2017

Abstract

Salah satu penyebabnya rendahnya hasil belajar adalah metode belajar yang digunakan oleh guru kurang melibatkan keaktifan murid dan juga kurangnya kepedulian dari guru untuk memberikan media dalam pembelajaran. Selama ini guru hanya menggunakan metode mencatat di papan tulis dan tanya jawab dalam pembelajaran. Guru hanya menjelaskan materi pelajaran, memberi contoh soal dan dilanjutkan dengan memberikan soal latihan tanpa menggunakan benda contoh pada pelajaran yang memerlukan benda nyata sebagai contohnya. Solusi dari permasalahan tersebut ialah menggunakan media realia. Dengan menggunakan  media realia dalam  pembelajaran matematika, diharapkan para siswa lebih aktif lagi, bisa dengan mudah memahami materi pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui seberapa besar pengaruh media realia terhadap peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas X SMK Negeri 3 Sungai Penuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Setelah dilakuakn analisis diperoleh rhitung> rtabel  yaitu 0,499 > 0,423, dimana harga r = 0,499 yang berharga positif maka terdapat pengaruh positif dari media realia terhadap prestasi belajar matematika siswa. Koofisien determinasi (r)2 = 0,25, jadi besarnya hubungan variabel X terhadap Y adalah 25%. Ini berarti pengaruh media realia terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMK Negeri 3 Sungai Penuh adalah sebesar 25%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media realia terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XB2 SMK Negeri 3 Sungai Penuh.

Copyrights © 2017