Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 2, No 3 (2018): Oktober 2018

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KOMPETENSI DINAMIKA LITOSFER

Edeltrudis, Maria (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Subyek penelitian adalah peserta didik semester II tahun pembelajaran 2017/2018 yang berjumlah 34 orang,terdiri dari peserta didik laki-laki orang dan peserta didik perempuan.Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri atas perencanaan,tindakan,observasi dan refleksi. Data yang diperoleh diambil dari hasil observasi,dan data tentang refleksi  peserta didik  yang diambil dari angket setiap akhir pertemuan. Diukur dari hasil pengamatan berdasarkan lembar observasi,maka peserta didik dinyatakan aktif mengikuti kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 79 dan presentase ketuntasan belajar sebesar  66,77%,dan aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran  82,35%. Pada  hasil tes siklus II rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 82,ketuntasan belajar 88,24%,serta aktivitas belajar peserta didik 91,18%. Berdasarkan penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Discovery learning pada kompetensi Dinamika litosfer dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik semester II IPS tahun pembelajaran 2017/2018.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...