Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa berupa kemampuan kognitif siswa dalam menyelesaikan masalah, kerjasama dan keaktifan siswa dalam kelompok kelas VII H SMP Negeri I Gubug Kompetensi Dasar Aritmatika Sosial dengan model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR). Dari hasil perhitungan analisis data uji kompetensi I dari 24 siswa yang mengikuti tes, diperoleh hasil bahwa pada siklus I yang mendapat nilai ³ 74 ada 18 siswa dan yang mendapat nilai £ 74 ada 6 siswa. Rata-rata kelas yang diperoleh adalah 79,5 dengan prosentase ketuntasan belajar klasikalnya adalah 66,67 % tuntas dan 33,33 % tidak tuntas. Sedangkan dari analisis data uji kompetensi II dari 24 siswa yang mengikuti tes, diperoleh hasil bahwa pada siklus II yang mendapat nilai ³ 74 ada 22 siswa dan yang mendapat nilai £ 74 ada 2 siswa. Rata-rata kelas yang diperoleh adalah 83,75 dengan prosentase ketuntasan belajar klasikalnya adalah 91,67 % tuntas dan 8,33 % tidak tuntas. Dari hasil penelitian diajukan beberapa masukan dan saran yaitu pembelajaran dengan menggunakan model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dapat digunakan sebagai pembelajaran alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2018