JURNAL NUSANTARA APLIKASI MANAJEMEN BISNIS
Vol 3 No 1 (2018): Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis

ANALISIS DAMPAK PENCIPTAAN BRAND IMAGE DAN AKTIFITAS WORD OF MOUTH (WOM) PADA PENGUATAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION

Bagus Nurcahyo (Unknown)
Riskayanto Riskayanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2018

Abstract

Di Indonesia banyak produsen maupun penjual produk fashion, karena adanya persaingan antar produsen maupun penjual produk fashion, maka terjadi persaingan tidak sehat dengan membuat replika dengan kualitas yang jauh berbeda tetapi memiliki fisik yang mirip dengan aselinya, sehingga merugikan produsen aselinya, karena rata rata orang di Indonesia lebih memilih produk replika dibandingkan dengan membeli yang original karena harga jauh lebih murah dibandingkan dengan yang original oleh karena itu banyak produsen yang mengalami kerugian. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur penilaian pelanggan terhadap variabel brand image, word of mouth, keputusan pembelian. Teknik pengumpulan data dalam penlitian ini adalah dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui pendekatan non probability sampling dengan metode pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Pada tahap analisis dilakukan uji validitas dan reabilitas, uji normalitas, uji regresi linear berganda, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi. Hasil uji t menunjukan bahwa brand image yang tercipta dan aktifitas word of mouth memiliki dampak positif pada penguatan keputusan pembelian produk fashion. Hasil uji F menunjukan bahwa penciptaan brand image dan word of mouth yang dilakukan secara benar memiliki dampak positif pada penguatan keputusan pembelian produk fashion.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

manajemen

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal of Nusamba is a peer review journal published by Department of Management and the media for researchers and lecturers who will publish the results of their research. The aim of the Journal is to facilitate scientific publication of the results of researches in Indonesia and participate to ...