Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik
Vol 10, No 1 (2014): Jurnal Keperawatan

MUTU PELAYANAN FARMASI UNTUK KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT SWASTA

Yulyuswarni, Yulyuswarni (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2017

Abstract

Instalasi Farmasi Rumah Sakit (IFRS) adalah bagian yang tidak terpisahkan dari sistem pelayanan kesehatan rumah sakit yang berorientasi kepada pelayanan pasien, penyediaan obat yang bermutu, termasuk pelayanan farmasi klinik yang terjangkau bagi semua lapisan masyarakat. Tuntutan pasien dan masyarakat akan mutu pelayanan farmasi, mengharuskan adanya perubahan pelayanan dari paradigma lama (drug oriented) ke paradigma baru (patient oriented) dengan filosofi Pharmaceutical Care (pelayanan kefarmasian). Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui mutu pelayanan farmasi yang berhubungan dengan kepuasan pasien rawat jalan di rumah sakit swasta X di Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode survei analitik (survey research method) kuantitatif dengan desain cross sectional. Sampel diambil secara kuota sampling. Analisis data secara univariat, bivariat dan multivariat menggunakan uji Chi Square pada tingkat kesalahan 5% dan logistik regresi  pada tingkat kesalahan 5%.Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara dimensi mutu pelayanan farmasi dengan kepuasan pasien rawat jalan yaitu dimensi tangibles (bukti fisik) (p-value=0,001), reliability (kehandalan) (p-value=0,004), responsiveness (daya tanggap) (p-value= 0,000), assurance (jaminan) (p-value= 0,005). Dimensi mutu bukti fisik paling dominan (OR=4,024) berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan. 

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JKEP

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Other

Description

Fokus jurnal adalah informasi tentang penelitian dan kajian di bidang keperawatan dan kesehatan. Jurnal ini diterbitkan setiap 6 bulan (April dan Oktober) dalam Bahasa ...