Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 2, No 2 (2017): Mei 2017

Hasil Belajar Siswa melalui Model Problem based Learning pada Materi Relasi dan Fungsi

Jumratul Aini (Syiah Kuala University)
Suryawati Suryawati (Syiah Kuala University)
Khairul Umam (Syiah Kuala University)



Article Info

Publish Date
30 May 2017

Abstract

Matematika perlu diajarkan pada setiap jenjang pendidikan, mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Dengan belajar, manusia melakukan perubahan untuk memperoleh suatu hasil belajar. Pembelajaran berbasis masalah dikenal dengan Problem Based Learning (PBL) adalah strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa dimana siswa mengkolaborasikan pemecahan masalah autentik dengan pengalaman sehari-hari. Rumusan  masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah siswa yang belajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat mencapai ketuntasan belajar pada materi Relasi dan fungsi di Kelas X SMA Negeri 10 Fajar Harapan Tahun Pelajaran 2016/2017”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa melaui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi relasi dan fungsi. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-MIPA SMA Negeri 10 Fajar Harapan, sedangkan sampel diambil satu kelas yaitu kelas X-MIPA1 SMA Negeri 10 Fajar Harapan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar, Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikan  dan derajat kebebasan ,  di peroleh t tabel =  dan thitung = . Berdasarkan hasil pengolahan data dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 10 Fajar Harapan melalui penerapan model pembelajaran problem based learning  pada materi relasi dan fungsi dapat mencapai ketuntasan. Kata kunci: Hasil Belajar, Prablem Based Learning (PBL)

Copyrights © 2017