Daya saing suatu bangsa ditentukan oleh kualitas pendidikan tinggi, terutama dalam teknologi daninovasi. Peningkatan kualitas pendidikan tinggi terkait dengan kinerja dosen dalam bidang pendidikan, penelitiandan publikasi, serta pengabdian kepada masyarakat. Peningkatan kinerja dosen memerlukan kompetensi dankomitmen dari pimpinan universitas. Pemimpin di perguruan tinggi harus membuat iklim organisasi yang baikuntuk menumbuhkan rasa memiliki dari dosennya serta pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkankompetensi dosennya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari gaya kepemimpinan terhadapkinerja dosen. Penelitian dilakukan di Universitas Kadiri, Kediri Jawa Timur dengan sampel dari 60 dosen. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan dalam pendidikan tinggi yang dapat meningkatkan kinerjadosen. Variabel yang berpengaruh nyata adalah kemampuan memberikan teladan, membuat keputusan dengancepat, memberikan delegasi wewenang, dan tingkat optimisme yang tinggi.
Copyrights © 2016