Di dalam kebutuhan jasa transportasi sangatlah penting dan ini dapat dirasakan oleh seluruh dunia. Khususnya dalam masalah angkutan penumpang laut, diarahkan untuk menjamin tersedianya jasa angkutan dalam kualitas dan kuantitas yang memadai, sehingga dapat membantu pemerataan hasil pembangunan, memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa serta meningkatkan ketahanan nasional dalam rangka mewujudkan wawasan nusantara. Terutama kebersihan fasilitas yang tersedia di kapal penumpang. Kebersihan fasilitas sangat mempengaruhi kenyamanan penumpang yang berada di kapal pada saat kapal sedang berlayar maupun bersandar di pelabuhan. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh kebersihan fasilitas kapal terhadap tingkat kepuasan penumpang di KM.Binaiya PT. PELNI dengan rute Batulicin-Sampit tahun 2015, dan hambatan-hambatan yang menjadi kendala kebersihan fasilitas umum misalnya seperti kamar mandi, tempat sampah, kamar tidur kelas ekonomi, ruang makan kelas ekonomi yang diberikan terhadap penumpang yang tidak optimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan observasi langsung kebersihan dan fasilitas kamar mandi, ruang tidur kelas ekonomi, ruang makan kelas ekonomi, tempat sampah  di dalam KM. Binaiya. Selain itu juga melakukan metode interview dengan Asisten Manajer Pelayanan Jasa dan penumpang serta menggunakan metode dokumentasi. Dari hasil analisa ini dapat disimpulkan bahwa, kebersihan dan fasilitas merupakan elemen terpenting di dalam kapal penumpang, tetapi kebersihan dan fasilitas yang ada tidak sesuai dengan harapan para penumpang sehingga penumpang tidak puas dan tidak nyaman. Di dalam kebersihan fasilitas umum kapal seperti kamar mandi, tempat sampah, ruang makan kelas ekonomi, dan ruang tidur kelas ekonomi sangatlah penting. Upaya untuk peningkatan kebersihan fasilitas umum sangat diperlukan untuk mempertahankan kualitas terbaik PT. PELNI khususnya untuk KM. Binaiya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015