Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 6, No 9 (2018): Jurnal Kreatif Tadulako Online

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Pemberian Kuis Berjenjang Pada Pokok Bahasan Penyesuaian Diri Mahlukhidup Dengan Lingkungannya Kelas V SDN 2 Malomba

Azizah, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 2 Malomba melalui model pembelajaran pemberian kuis berjenjang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rancangan penelitian ini mengacu pada desain Kemmis dan Mc. Taggart, yang terdiri dari empat komponen, yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Tindakan dalam penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus. Data yang diambil dari penelitian ini adalah data kualitatif yaitu data hasil observasi guru pada siklus I pertemuan pertama 68%, pertemuan kedua 75%, meningkat pada siklus II menjadi 88% pertemuan pertama dan 95% pertemuan kedua. Hasil observasi siswa pada siklus I pertemuan pertama 63%, pertemuan kedua 71%, meningkat pada siklus II menjadi 82% pertemuan pertama dan 95% pertemuan kedua. Serta data kuantitatif yaitu data yang diperoleh dari hasil belajar siswa pada setiap akhir tindakan. Hasil penelitian siklus I diperoleh hasil kuis pendahuluan 58% pada pertemuan pertama dan 68% pertemuan kedua, hasil kuis akhir diperoleh 65% pada pertemuan pertama dan 75% pertemuan kedua, meningkat pada siklus II, hasil kuis pendahuluan menjadi 78% pada pertemuan pertama dan 88% pada pertemuan kedua, sama halnya pada hasil kuis akhir meningkat menjadi 86% pada pertemuan pertama dan 95% pada pertemuan kedua. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh tuntas individu 15 orang dan tidak tuntas individu 5 orang dengan persentase daya serap klasikal 66% dan ketuntasan belajar klasikal 75%. Pada siklus II, hasil yang diperoleh siswa mengalami peningkatan, hasil belajar siswa diperoleh ketuntasan individu menjadi 18 orang dan tidak tuntas individu 2 orang dengan persentase daya serap klasikal 78% dan ketuntasan belajar 90%. Dengan demikian dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran pemberian kuis berjenjang pada pokok bahasan penyesuaian diri mahluk hidup dengan lingkungannya dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 2 Malomba.

Copyrights © 2018