Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 6, No 10 (2018): Jurnal Kreatif Tadulako Online

Hasil Analisis Belajar Siswa dalam Pembelajaran Puisi Melalui Metode Latihan di Kelas III SDN Inti No. 1 Tulo

Amril, Amril (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2018

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan guru dalam menerapkan metode latihan pada materi pembelajaran membaca puisi di kelas III SDN Inti No. 1 Tulo. Bagaimana hasil belajar siswa dalam pembelajaran membaca puisi melalui metode latihan di kelas III SDN Inti No. 1 Tulo. Bagaimana hambatan penerapan metode latihan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran membaca puisi di SDN Inti No. 1 Tulo. Manfaat penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kemampuan guru dalam menerapkan metode latihan pada materi pembelajaran membaca puisi di kelas III SDN Inti No. 1 Tulo. (2) Untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran membaca puisi melalui metode latihan di kelas II SDN Inti No. 1 Tulo. (3) Untuk mengidentifikasi hambatan penerapan metode latihan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran membaca puisi di SDN Inti No. 1 Tulo. Hasil dan kesimpulan penelitian dapat dijelaskan bahwa: 1) Kemampuan guru melaksanakan pembelajaran dengan metode latihan atau drill dinilai baik karena dari 12 indikator yang diamati tercatat 2 indikator sangat baik dan 10 indikator dinilai baik; 2) Metode latihan dalam pembelajaran membaca puisi dapat meningkatkan hasil belajar siswa yakni; Ketuntasan klasikal mencapai 80%; nilai rata-rata 8.7; dan daya serap 87%; dan 3) Hambatan dalam pembelajaran membaca puisi dengan metode latihan adalah: 1) keterbatasan waktu; 2) adanya lafal-lafal atau ejaan tertentu yang belum fasih diucapkan oleh siswa;  3) siswa masih sulit diajak secara spontan untuk melakukan praktik membaca puisi; 4) siswa kurang rasa percaya diri (pemalu); dan 5) tidak ada sikap saling mendukung di antara para siswa. Kata kunci: Hasil Belajar, Membca Puisi dan Metode Latihan

Copyrights © 2018