Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan guru dalam menerapkan metode latihan pada materi pembelajaran membaca puisi di kelas III SDN Inti No. 1 Tulo. Bagaimana hasil belajar siswa dalam pembelajaran membaca puisi melalui metode latihan di kelas III SDN Inti No. 1 Tulo. Bagaimana hambatan penerapan metode latihan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran membaca puisi di SDN Inti No. 1 Tulo. Manfaat penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kemampuan guru dalam menerapkan metode latihan pada materi pembelajaran membaca puisi di kelas III SDN Inti No. 1 Tulo. (2) Untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran membaca puisi melalui metode latihan di kelas II SDN Inti No. 1 Tulo. (3) Untuk mengidentifikasi hambatan penerapan metode latihan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran membaca puisi di SDN Inti No. 1 Tulo. Hasil dan kesimpulan penelitian dapat dijelaskan bahwa: 1) Kemampuan guru melaksanakan pembelajaran dengan metode latihan atau drill dinilai baik karena dari 12 indikator yang diamati tercatat 2 indikator sangat baik dan 10 indikator dinilai baik; 2) Metode latihan dalam pembelajaran membaca puisi dapat meningkatkan hasil belajar siswa yakni; Ketuntasan klasikal mencapai 80%; nilai rata-rata 8.7; dan daya serap 87%; dan 3) Hambatan dalam pembelajaran membaca puisi dengan metode latihan adalah: 1) keterbatasan waktu; 2) adanya lafal-lafal atau ejaan tertentu yang belum fasih diucapkan oleh siswa; 3) siswa masih sulit diajak secara spontan untuk melakukan praktik membaca puisi; 4) siswa kurang rasa percaya diri (pemalu); dan 5) tidak ada sikap saling mendukung di antara para siswa. Kata kunci: Hasil Belajar, Membca Puisi dan Metode Latihan
Copyrights © 2018