Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Dalam setiap siklus terdiri atas empat langkah yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi, rancangan penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Inpres Kabonena. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan keterampilan proses pada pelajaran IPA di kelas IV SD Inpres Kabonena. Siswa yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 22 orang siswa di kelas IV SD Inpres Kabonena tahun ajaran 2014-2015. Hasil Penelitian pada siklus I siswa yang tuntas 13 orang (persentase tuntas klasikal 59,1% dan daya serap klasikal 63,6 Pada siklus II meningkat menjadi siswa yang tuntas 20 orang atau persentase ketuntasan klasikal 90,9% dan daya serap klasikal 86,4%. Pada siklus II sudah memenuhi standar ketuntasan belajar, demikian pula dengan hasil observasi terhadap aktivitas siswa dan aktivitas guru. Pada siklus I dan siklus II dikategorikan cukup dan sangat baik. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pendekatan keterampilan proses hasil belajar siswa kelas IV SDN Inpres Kabonena pada pelajaran IPA khususnya materi energi dan perubahannya meningkat dengan kriteria cukup dan sangat baik. Kata Kunci: Keterampilan Proses, Hasil Belajar
Copyrights © 2018