ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SDN 5 Sojol Utara pada tema lingkungan dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas I yang berjumlah 17 orang terdiri dari 11 laki-laki dan 6 perempuan. Data penelitian dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan pengamatan terhadap proses pembelajaran. Pada tahap perencanaan menyiapkan perangkat pembelajaran, instrumen pembelajaran, lembar observasi siswa dan guru, serta gambar-gambar tentang lingkungan sehat dan tidak sehat. Tahap pelaksanaan peneliti melaksanakan pembelajaran sesuai dengan skenario yang pembelajaran, dilanjutkan dengan evaluasi. Hasil evaluasi pembelajaran ketuntasan belajar klasikal 88,24%. Hasil pengamatan aktivitas siswa 70% baik, dan aktivitas guru 82,28% sangat baik. Hasil yang diperoleh memenuhi indikator pembelajaran yang ditetapkan yaitu ketuntasan belajar klasikal minimal 85%, aktivitas guru dan siswa pada kategori baik atau sangat baik. Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SDN 5 Sojol Utara pada tema lingkungan.  Kata Kunci:Hasil Belajar, tema lingkungan, media gambar
Copyrights © 2018