Penelitian yang berjudul Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD Inpres 2 Mensung pada Pembelajaran IPA Tentang Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan Melalui Metode Kerja Kelompok, bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar. Subjek penelitian ini berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diambil adalah data kualitatif yaitu data yang diperoleh dari hasil observasi guru dan siswa, Serta data kuantitatif yaitu data hasil belajar siswa. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh Ketuntasan Belajar Klasikal sebesar 37,03% dan daya serap klasikal 48,1%, Aktivitas guru berada pada kategori sangat kurang yaitu dengan rata-rata persentase aktivitas guru 45% dan aktivitas siswa berada pada kategori sangat kurang dengan rata-rata persentase 42,5,%. Hasil belajar siswa pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar klasikal meningkat menjadi 88,8% dan daya serap klasikal meningkat menjadi 81,1%, aktivitas guru berada pada kategori sangat baik yaitu 97,5% dan aktivitas siswa berada pada kategori sangat baik dengan rata-rata persentase 97,5%. Ketuntasan klasikal yang didapatkan pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan penelitian, yaitu 80%, maka dapat disimpulkan bahwa melalui Metode Kerja Kelompok pada pembelajaran IPA tentang makhluk hidup dan proses kehidupan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD Inpres 2 Mensung Kata Kunci: Hasil Belajar, Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan, Kerja  Kelompok
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018