Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 6, No 10 (2018): Jurnal Kreatif Tadulako Online

Peningkatan Kemampuan Memahami Kalimat Perintah Melalui Metode Latihan Terbimbing di Kelas V SDN No.1 Wani 2

Irmawati, Irmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2018

Abstract

ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN No.1 Wani 2 pada materi pembelajaran kalimat perintah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami kalimat perintah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang direncanakan dalam dua siklus. Rancangan penelitian ini mengacu pada model kemmis dam Mc Taggart yang terdiri dari empat komponen, yaitu 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi dan 4) Refleksi. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah berupa data aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran yang diperoleh dengan menggunakan lembar observasi dan data hasil belajar siswa yang diperoleh dengan memberikan tes individu kepada siswa. Hasil penelitian pada siklus I didapatkan hasil daya serap klasikal sebesar 61,5% dan aktivitas guru berada dalam kategori baik meskipun dalam beberapa hal masih ada yang masuk dalam kategori cukup, sedangkan untuk aktivitas siswa sudah menunjukkan peningkatan dan beberapa hal sudah masuk dalam kategori baik. Pada siklus II terjadi peningkatan daya serap klasikal sebesar 86% serta aktivitas guru dan siswa rata-rata sudah berada pada kategori baik secara keseluruhan. Berdasarka hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode latihan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Peningkatan Kemampuan Memahami Kalimat Perintah, Metode Latihan Terbimbing.

Copyrights © 2018