Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Popoliâi pada mata pelajaran IPA dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan bersiklus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes dan wawancara. Subyek penelitian ini adalah siswa SDN Popoliâi tahun ajaran 2013/2014 yaitu siswa kelas V sebanyak 16 orang yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Penelitian terdiri dari dua siklus dengan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Indikator kinerja pada penelitian ini adalah tercapainya ketuntasan belajar secara individu dan klasikal minimal sebesar 65%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN Popoliâi. Hasil belajar pada siklus 1 diperoleh daya serap klasikal 66,25% dan ketuntasan belajar klasikal 56,25% dan pada siklus 2 diperoleh daya serap klasikal 78,75% dan ketuntasan belajar klasikal 93,75%. Kata Kunci: Hasil Belajar, Pelajaran IPA, Kooperatif Tipe STAD
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017