Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 5, No 12 (2017): Jurnal Kreatif Tadulako Online

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Kelas V SDN Popoli’i Kab. Tojo Una-Una

Manopo, Siomi B (Unknown)
Djirimu, Muchlis L. (Unknown)
Tureni, Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Popoli’i pada mata pelajaran IPA dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan bersiklus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes dan wawancara. Subyek penelitian ini adalah siswa SDN Popoli’i tahun ajaran 2013/2014 yaitu siswa kelas V sebanyak 16 orang yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Penelitian terdiri dari dua siklus dengan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Indikator kinerja pada penelitian ini adalah tercapainya ketuntasan belajar secara individu dan klasikal minimal sebesar 65%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN Popoli’i. Hasil belajar pada siklus 1 diperoleh daya serap klasikal 66,25% dan ketuntasan belajar klasikal 56,25% dan pada siklus 2 diperoleh daya serap klasikal 78,75% dan ketuntasan belajar klasikal 93,75%. Kata Kunci: Hasil Belajar, Pelajaran IPA, Kooperatif Tipe STAD

Copyrights © 2017