Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada siswa kelas IV SDN 2 Kombo dengan jumlah siswa 17 orang, yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 10 orang perempuan. Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terdapat masalah mendasar yakni rendahnya keterampilan siswa dalam menulis paragraph. Rendahnya keterampilan menulis ini disebabkan metode pembelajaran yang digunakan masih konvensional, yakni metode ceramah. Untuk meningkatkan keterampilan menulis paragraf dilakukan perubahan pendekatan yaitu dengan media alam. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian tindakan kelas ini adalah (1) meningkatkan keterampilan siswa menulis paragraf melalui media alam di kelas IV SDN 2 Kombo, (2) meningkatkan hasil belajar siswa, dan (3) meningkatkan inovasi guru dalam proses pembelajaran. Pelaksanaan tindakan ini dilakukan sebanyak dua siklus, dengan desain penelitian model spiral yang dikembangkan oleh  Arikunto dimana setiap siklus terbagi atas empat tahapan yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan/observasi,  dan (4) refleksi pada siklus selanjutnya. Dalam mengumpulkan data dilakukan melalui observasi berupa aktivitas guru dan oberservasi kegiatan siswa dalam proses belajar mengajar, Proses evaluasi dilakukan dalam bentuk tes. Hasil yang diperoleh pada tes awal/prasiklus; dari 17 siswa, hanya 4 siswa yang tuntas individual, dan 13 siswa yang tidak tuntas, persentase ketuntasan klasikal 23,5%, hasil tes pada siklus 1 menunjukkan; dari 17 siswa, 10 siswa yang tuntas individual, dan 7 siswa yang tidak tuntas, persentase ketuntasan klasikal mencapai 58,8%. Hasil tes pada siklus 2; dari 17 siswa, ada 15 siswa yang tuntas individual, dan hanya 2 siswa yang tidak tuntas, persentase ketuntasan klasikal mencapai 88,2%, sehingga disimpulkan bahwa keterampilan menulis paragraf siswa kelas IV SDN 2 Kombo telah meningkat dan tuntas. Kata kunci: Keterampilan, Menulis Paragraf, Media  Alam, SDN 2 Kombo
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017