Penelitian ini merupakan upaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan Media Gambar di kelas III SD Inpres 2 Mensung. Permasalahan yang ingin dijawab dalam Penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan media Gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa? Penelitian yang berjudul Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Media Gambar di Kelas III SD Inpres 2 Mensung, bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar. Subjek penelitian ini berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan  refleksi. Data yang diambil adalah data kualitatif yaitu data yang diperoleh dari hasil observasi guru dan siswa, Serta data kuantitatif yaitu data hasil belajar siswa. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh Ketuntasan Belajar Klasikal sebesar 29,6% dan daya serap klasikal 59,2%, Aktivitas guru berada pada kategori sangat kurang yaitu dengan rata-rata persentase aktivitas guru 61,3% dan aktivitas siswa berada pada kategori sangat kurang dengan rata-rata persentase 62,5,%. Hasil belajar siswa pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar klasikal meningkat menjadi 88,8% dan daya serap klasikal meningkat menjadi 89%, aktivitas guru berada pada kategori sangat baik yaitu 94,3% dan aktivitas siswa berada pada kategori sangat baik dengan rata-rata persentase 93,75%. Ketuntasan klasikal yang didapatkan pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan penelitian, yaitu 80%, maka dapat disimpulkan bahwa melalui Penggunaan Media Gambar dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di Kelas III SD Inpres 2 Mensung. Kata Kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran IPA, Media Gambar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018