Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas III SDN Inpres 2 Kamonji dapat ditingkatkan melalui media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas III SDN Inpres 2 Kamonji. Penelitian ini dilaksanakan  di SDN Inpres 2 Kamonji, melibatkan 20 orang siswa terdiri atas 9 orang laki-laki dan 11 orang perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Taggar yang terdiri atas dua siklus. Di mana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 60% dan daya serap klasikal 67,75%. Pada tindakan siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 100% dan daya serap klasikal 84,45%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan nilai daya serap klasikal minimal 70% dan ketuntasan belajar klasikal minimal 80%. Berdasarkan nilai rata-rata daya serap klasikal dan ketuntasan belajar klasikal pada kegiatan pembelajaran siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada pembelajaran IPS di SDN Inpres 2 Kamonji Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Gambar
Copyrights © 2017