Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 6, No 7 (2018): Jurnal Kreatif Tadulako Online

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERKALIAN PECAHAN BIASA MENGGUNAKAN MODEL PEMECAHAN MASALAH DI KELAS V SDN RARANGGONAU

Sarifah, Sarifah (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Alternatif pemecahan masalah adalah melalui penggunaan metode. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan yang difokuskan pada situasi kelas atau dikenal dengan classroom action research. Ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menghitung siswa kelas V SD dalam menentukan kalimat utama , dengan melali penggunaan metode inkuiri .Subjek penelitian tindakan ini yaitu kelas IV yang berjumlah 22 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dan guru mengalami peningkatan yang cukup berarti dari siklus I ke siklus II. Peningkatan persentase daya serap individu siklus I 75%, menjadi 80,22%. Persentase tuntas klasikal 77,27% siklus I menjadi 95,45% pada siklus II sedangkan aktivitas pembelajaran pada siklus I sebesar 80,21% kategori baik menjadi 94,45% pada siklus II kategori sangat baik, aktivitas proses pembelajaran oleh guru pada siklus I sebesar 87,5% kategori baik menjadi 94,79% pada siklus II kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan melalui penggunaan metode dapat meningkatkan Hasil belajar siswa. Kata kunci ; Meningkatkan Hasil Belajar. Model Pemecahan Masalah

Copyrights © 2018