Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 6, No 7 (2018): Jurnal Kreatif Tadulako Online

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Media Gambar Di Kelas III SD Inpres 2 Palasa

Rusli, Rusli (Unknown)
Paudi, Ritman Ishak (Unknown)
Bustamin, Bustamin (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini berjudul Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Media Gambar di Kelas III SD Inpres 2 Palasa. Permasalahan yang ditemukan yaitu rendahnya hasil belajar siswa khususnya pelajaran IPA. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatan hasil belajar IPA melalui penerapan media gambar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan 2 siklus yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan  refleksi. Data yang diambil adalah data kualitatif yaitu data hasil observasi diperoleh dari hasil pengamatan situasi pembelajaran. Serta data kuantitatif yaitu data hasil belajar diperoleh dari hasil tes. Berdasarkan hasil analisis diperoleh data penelitian pada siklus I aktivitas guru 61,54%, aktivitas siswa 67,8%, daya serap siswa mencapai 75,27%, ketuntasan klasikal 55,6% atau kategori cukup. Sedangkan analisis data pada siklus II aktivitas guru 90,38%, aktivitas siswa 95,7%, daya serap siswa mencapai 94,5%, dan ketuntasan klasikal mencapai 100% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penerapan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III SD Inpres 2 Palasa. Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Media Gambar

Copyrights © 2018