Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 6, No 1 (2018): Jurnal Kreatif Online

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN 10 Gadung

Sahid, Warda H. (Unknown)
A, Mestawaty As. (Unknown)
Husain, Sarjan N. (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa yang dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas IV SDN 10 Gadung pada mata pelajaran IPA adalah 6,0. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 10 Gadung Kab. Buol  melalui  model  pembelajaran kooperatif tipe  STAD. Jumlah siswa sebanyak 16 orang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar, dari siklus I ke siklus II. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan hasil analisis tes hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus I adalah: siswa yang tuntas 12 dari 16 siswa atau persentase ketuntasan klasikal sebesar 75%, daya serap klasikal 68,1%, dan rata-rata hasil belajar mencapai 6,8, serta aktivitas siswa dalam kategori baik. Pada siklus II siswa yang tuntas 15 dari 16 siswa atau ketuntasan klasikal 93,8%, daya serap klasikal sebesar 81,9%, serta aktivitas siswa berada dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 10 Gadung. Kata Kunci: Model Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar IPA

Copyrights © 2018