Penelitian ini bertujuan adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui media gambar di kelas III SDN IV Tuladenggi. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan subyek penelitian 24 siswa (14 Laki-laki dan 10 Perempuan). Rancangan penelitian mengikuti alur yang di kembangkan oleh Kemmis dan Mc.taggart melalui dua siklus dan setiap siklus memiliki tahapan perencanaan, pelaksanaan, tindakan, dan observasi. Prosedur pengumpulan data melalui tes, observasi. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa pada tes materi pra syarat materi Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup, kemampuan siswa rendah dengan persentase KBK = 37,5%, namun pada siklus I sudah meningkat menjadi 62,5%,dan pada siklus II mencapai 91,6%. Serta aktivitas guru dan siswa sudah berada dalam kategori baik, Hal ini dapat terlihat dari hasil observasi aktivitas guru menunjukkan 76,6% (baik), dan aktivitas siswa 72,2% berada pada kategori (cukup). dan pada siklus II aktivitas guru sudah mencapai 93,3% (sangat baik), dan siswa 88,8% (Sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan media gambar untuk mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup dapat meningkatkan hasil belajar. Kata Kunci: Media Gambar, Hasil Belajar, Ciri-Ciri Makhluk Hidup
Copyrights © 2018