Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 6, No 5 (2018): Jurnal Kreatif Tadulako Online

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tumbuhan Dan Fungsinya Dengan Menggunakan Metode Tanya Jawab Pada Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Lemo

A. Manandri, Nikma (Unknown)
Ramadhan, Achmad (Unknown)
Bustamin, Bustamin (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tumbuhan dan fungsinya dengan menggunakan metode tanya jawab pada siswa kelas IV SD Inpres 2 Lemo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan subyek penelitian sebanyak 24 siswa. Tehnik pengambilan data menggunakan instrumen tes dan observasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil tes kemampuan awal siswa diperoleh DSK sebesar 36.7%, KBK 0% (tidak ada siswa yang tuntas). Hasil tersebut mengalami peningkatan pada siklus I dengan persenase Daya serap klasikal sebesar 65.0%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 75.8%. Ketuntasan belajar klasikal pada siklus I adalah 54.2%, dan mengalami peningkatan pula pada siklus II menjadi 87.5%. Hasil observasi aktifitas  guru pada siklus I diperoleh rata-rata 52.2% termasuk kategori cukup, mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 82.5% kategori sangat baik. Hasil observasi aktifitas siswa pada siklus I diperoleh. 46.7%, kategori cukup, mengalami peningkatan pada siklus II yaitu menjadi 83.3%, kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat dinyatakan bahwa hasil belajar siswa pada materi tumbuhan dan fungsinya dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode tanya jawab pada siswa kelas IV SD Inpres 2 Lemo. Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Tanya Jawab

Copyrights © 2018