Penelitian yang berjudul Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning pada Konsep Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SD 2 Mepanga. Bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar. Subjek penelitian ini berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 13 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diambil adalah data kualitatif yaitu data yang diperoleh dari hasil observasi guru dan siswa, Serta data kuantitatif yaitu data hasil belajar siswa. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh Ketuntasan Belajar Klasikal sebesar 55% dan daya serap klasikal 66,1%, Aktivitas guru berada pada kategori cukup yaitu dengan rata-rata persentase aktivitas guru 52,1% dan aktivitas siswa berada pada kategori kurang dengan rata-rata persentase 37,5%. Hasil belajar siswa pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar klasikal meningkat menjadi 95% dan daya serap klasikal meningkat menjadi 86,1%, aktivitas guru berada pada kategori sangat baik yaitu 97,9% dan aktivitas siswa berada pada kategori sangat baik dengan rata-rata persentase 95,8%. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning  pada konsep mata pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar  siswa kelas IV SD Inpres 2 Mepanga.  Kata Kunci: Hasil Belajar, Kosep Mata Pelajaran IPA, Pendekatan  Contextual Teaching And Learning
Copyrights © 2018